OPINI TENTANG PANCASILA

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia, Pancasila ada 5 sila (sesuai namanya) yaitu:
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan       perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Lima sila itu selalu rutin disebut disetiap sekolahan pada upacara hari senin maupun hari nasional. Tiap-tiap sila Pancasila ini berkaitan satu sama lain dan tak lupa dianjurkan untuk berperilaku sebaik-baiknya dengan Pancasila sebagai dasarnya.
Tetapi kenyataannya yang dipelajari tidak (pernah) sesuai dengan kehidupan nyata.

Disebutkan bahwa pancasila juga sebagai :
1. pandangan hidup
2. jiwa kepribadian bangsa
3. dasar negara
4. sumber segala sumber hukum Indonesia
5. perjanjian luhur bangsa
6. cita-cita bangsa Indonesia

Nilai Pancasila sendiri sangat luhur dan bagus bila dijabarkan. Tapi sekarang masyarakat (khususnya kaum remaja) mungkin menjaga jarak dengan Pancasila. Ini juga akibat dari pengaruh globalisasi.

Nilai pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, mengandung arti bahwa sebagai bagian dari sebuah bangsa dan peradaban harusnya mengimani Tuhannya, menyayanginya dengan cara menjauhi larangannya dan menjalankan perintahnya. Kalau saja cukup satu sila, yaitu sila pertama ini ditepati, akan sangat tentram negeri ini karena tidak ada tindak kejahatan sama sekali.

Diulang lagi bahwa setiap sila saling berkaitan. Sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab, merupakan penerapan dari sila pertama. Ketiga, persatuan Indonesia, diharapkan setelah mengimani Tuhan dan menjadi manusia adil beradab bisa dibentuk sebuah persatuan bangsa yang baik dan mapan. Sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, Pada sila kelima, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, nyatanya sangat susah ditemui. Sekarang menemukan petinggi yang adil kepada masyarakat sangat susah ditemukan.

Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang kelihatannya sangat sederhana ini pun ternyata sangat susah. Disebutkan bahwa Pancasila adalah dasar hukum, sumber dari segala sumber hukum. UUD adalah penjabaran dari Pancasila sebagai dasar hukum. Melihat UUD yang lebih terperinci, banyak juga yang tidak menepatinya dan bahkan banyak petinggi yang melanggarnya juga. Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh pemerintah, itu adalah salah satu pasal yang belum ditepati oleh pemerintah sendiri.

Banyak kontroversi, banyak masalah, banyak pertikaian, dikarenakan ada beberapa hal yang menjadi masalah, yaitu tidak meresapi Pancasila yang seharusnya memiliki nilai-nilai luhur di enam poin diatas. Pancasila ada untuk kita (Bangsa Indonesia) dan seharusnya kita sadar itu dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila yang luhur dalam kehidupan sehari-hari yang pastinya akan membuat hidup akan lebih bermakna dan lebih baik.

Semakin maju nya zaman semakin pudar pula penerapan nilai-nilai pancasila pada kehidupan sehari-hari, sebagai generasi muda tentunya kita harus menyadarkan masyarakat bahwa sangat pentingnya pancasila. Dengan didirikanya Gerakan Mahasiswa Penegak Pancasila  diharapkan bisa membangun semangat para remaja untuk bisa mengingat kembali semangat pahlawan untuk memerdekakan Negara ini. 

Seperti salah satu kegiatan Pada Hari Minggu, 18 September 2016 Seluruh Mahasiswa - Mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, melakukan kampanye di Bundaran Hotel Indonesia yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Penegak Pancasila (GMPP).



Dalam kampanye tersebut Mahasiswa – Mahasiswi mengajak masyarakat yang sedang melakukan kegiatan ( Car Free day) di sekitar Bundaran Hotel Indonesia untuk berpartisipasi dengan cara meminta tanda tangan dan memberi komentar tentang  kampanye pancasila tersebut. Respon yang diberikan oleh masyarakat kepada GMPP pun sangat baik.

Dengan diadakannya kampanye Pancasila tersebut para Mahasiswa – Mahasiswi dapat secara langsung mengajak masyarakat untuk dapat mengamalkan nila-nilai yang tertuang dalam pancasila, mengingat akhir-akhir ini banyak pemberitaan mengenai moral masyarakat yang perlahan-lahan sudah tidak searah dengan nilai – nilai yang tertuang pada Pancasila. Mahasiswa – Mahasiswi khususnya saya sendiri bisa lebih mencintai negeri ini dan sadar akan pentingnya nilai-nilai pancasila sebagai Dasar Negara . Mengerti bahwa pancasila bukan hanya sebagai hafalan tetapi harus di tanamkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
World Gianita U Gunawan © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter